Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Melaksanakan Pelatihan Rutin di Pantai Batu Hiu

Pangandaran (09/07/2020) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran melalui Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, melaksanakan Pelatihan dan Simulasi Bencana Kebakaran yang bertempat di Pantai Batuhiu Desa Ciliang Kecamatan Parigi. Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kasi Penanganan Kebakaran Arif Wijaya Sudarsono dengan peserta sebanyak 17 personil tim Damkar dibagi dalam 2 regu.

 

 

 

Bentuk latihannya meliputi formasi regu, pengenalan peralatan dan pengecekan peralatan unit damkar, teknik gelar dan cara menggulung selang. Kegiatan ini merupakan pelatihan rutin yang sering dilaksanakan oleh Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta kesiapsiagaan tim dalam melaksanakan pemadaman.

Sesuai data yang ada pada tahun 2019 telah terjadi kebakaran sebanyak 89 kasus dan pada tahun 2020 (sampai dengan bulan Juli) telah terjadi kebakaran sebanyak 20 kasus. Ini merupakan sebuah tantangan bagi kami khususnya Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ucap Arif Wijaya Sudarsono.

 

 

“Ini merupakan sebuah tantangan bagi kami khususnya bagi Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, apalagi pada Tahun 2019 terdapat 89 kasus dan Tahun 2020 terdapat 19 Kasus,” kata Arif disela sela kegiatan di Batuhiu, Ciliang, Kecamatan Parigi, Kamis (09/07/2020).

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa baik bagi masyarakat terdampak maupun tim damkar itu sendiri. Arif menuturkan bahwa pelatihan ini akan sering dilakukan walaupun terhalang oleh anggaran yang terbatas.

 

 

“Sebenarnya kegiatan ini diinisiasi oleh rekan-rekan Damkar Pangandaran yang Piket dan Cadangan, pelatihan ini akan sering dilakukan walaupun terhalang oleh anggaran yang terbatas tidak akan menyurutkan kami dalam berlatih,” ucap Arif mengakhiri pembicaraan. (mir)

 

Laporan Terbaru
X