Pemadam Kebakaran

PROFIL

Sebagaimana kita maklumi bahwa Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten Daerah Otonomi Baru (DOB) di provinsi Jawa Barat, yang dibentuk sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pangandaran di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 31 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pangandaran, dibentuklah nomenklatur baru yang sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB). DPKPB terdiri dari 2 (dua) bidang, yaitu bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan bidang Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Bidang pemadam kebakaran merupakan unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan kebakaran. Para petugas pemadam kebakaran dilengkapi dengan pakaian anti-panas atau anti api dan helm serta boot/sepatu khusus dalam melaksanakan tugas, dan biasanya pakaiannya dilengkapi dengan scotlight reflector berwarna putih mengkilap agas dapat terlihat pada saat pelaksanaan tugas.

Bidang Pemadam Kebakaran dipimpin oleh Kepala Bidang yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pemadam Kebakaran dan Kepala Seksi Penanggulangan Pemadam Kebakaran. Pelayanan masyarakat menggunakan pola 24 jam.

Kegiatan Pencegahan Kebakaran dilakukan antara lain melaksanakan inventarisasi, memeriksa dan melaporkan kelayakan Alat Pemadam Api Ringan dan rambu-rambu evakuasi di bangunan gedung.

Kegiatan Kesiapsiagaan dilakukan antara lain dengan sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran.

Kegiatan Penanggulangan Pemadaman Kebakaran dilaksanakan pelayanan pola 24 jam sesuai dengan laporan kebakaran.

UNIT TUGAS

Pantang Pulang Sebelum Padam
  1. Pencegahan Kebakaran,
  2. Pemadaman Kebakaran,
  3. Penyelamatan jiwa dan ancaman kebakaran.

Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang berada di bawah naungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana mempunyai 2 (dua) seksi, yaitu:

  1. Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebakaran,
  2. Seksi Penanganan Kebakaran.

Tugas pokok Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebakaran adalah melaksanakan sebagian tugas Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di lingkup pencegahan kebakaran.

Sedangkan fungsinya adalah:

  • Pengumpulan data di lingkup pencegahan kebakaran;
  • Pelaksanaan pelatihan dan pencegahan kebakaran yang meliputi penyuluhan, penyusunan dan pemeriksaan kesiapan/kesiagaan sarana, mobil kebakaran, dan peralatan pemadaman dan penyelamatan;
  • Pelaporan pelaksanaan kegiatan di lingkup pencegahan kebakaran.

Sementara, tugas pokok Kepala Seksi Penanganan Kebakaran adalah melaksanakan sebagian tugas Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di lingkup pemadaman dan penanggulangan kebakaran.

Sedangkan fungsinya adalah:

  • Pengumpulan data di lingkup pemadaman dan penanggulangan kebakaran;
  • Pelaksanaan pemadaman dan penanggulangan kebakaran yang meliputi penyiapan perumusan kebijakan dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pemadaman dan penanggulangan kebakaran, pengadaan sumber-sumber air dan bahan-bahan lain dalam rangka pemadaman dan penanggulangan kebakaran;
  • Pelaporan pelaksanaan kegiatan di lingkup pemadaman dan penanggulangan kebakaran.
X