News Categories: Berita

16 Oct
By: PADI 0

Pagi Tadi, Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB GTS) Di SDN 2 Babakan

Pangandaran — (19/10) Program Wisata Edukasi Bencana Goes To School atau lebih dikenal WEB GTS kali ini dilaksanakan di SDN 2 Babakan setalah sebelumnya SDN 4 Babakan telah dilaksanakan, dengan jumlah peserta sebanyak 101 orang yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6. Kali ini edisi ke-67 serta menjadi sekolah ke-75 di Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan diawali dengan pengenalan mentor serta ice breaking di halaman sekolah untuk membuat para siswa bisa mengenal pemateri dan agar lebih semangat serta berkonsentrasi. Kemudian kegiatan dilanjutkan di ruangan kelas untuk penyampaian materi tentang jenis-jenis bencana yang ada di Kabupaten Pangandaran, ciri-ciri bencana, cara menanggulangi bencana dan juga tentunya cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.

Memberikan edukasi melalui film animasi kebencanaan, seperti Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Longsor, Angin Puting Beliung serta bencana yang lainnya dan penyampaian materi yang santai serta ceria membuat siswa dapat memahami materi dengan baik. Siswa pun sangat antusias dan komunikatif pada saat penyampaian materi sehingga membuat anak-anak penuh dengan senyum keceriaan. Serta tidak lupa simulasi gempa bumi yang diikuti seluruh peserta.

Kegiatan ditutup dengan Trauma Healing atau game – game yang menyenangkan untuk siswa siswi yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran siswa setelah mengikuti materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh mentor diruangan.

Sementara menurut salah satu guru di SDN 2 Babakan Kusmana, S.Pd.MM mengatakan “Saya ucapkan terima kasih kepada BPBD Pangandaran yang telah menyelenggarakan kegiatan simulasi serta edukasi kepada siswa-siswi SDN 2 Babakan, acara ini sangat bermanfaat dan mereka sangat antusias sekali dengan adanya kegiatan ini. Mudah-mudahan mereka bisa paham apa yang telah di sosialisasikan oleh pihak BPBD,” ucapnya.

Sampai saat ini ada 75 sekolah yang sudah kami datangi dan edukasi, dengan jumlah siswa yang sudah teredukasi sebanyak 4.715 siswa.

Kami berharap semoga kedepannya kami bisa terus melaksanakan kegiatan WEG GTS ini agar lebih banyak lagi siswa yang teredukasi dan paham tentang cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana di sekitarnya.

Mari kita wujudkan Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera dan tangguh! Mari bergandengan tangan dan bersama-sama menegaskan:
Kenali Ancamannya, Siapkan Strateginya!
Siap untuk Selamat!

Read More
09 Oct
By: Agus Firmansyah 0

WISATA EDUKASI BENCANA GOES TO SCHOOL SDN 4 BABAKAN PANGANDARAN

Pangandaran – Program Wisata Edukasi Bencana Goes To School atau lebih dikenal WEB GTS kali ini dilaksanakan di SDN 4 Babakan Kecamatan Pangandaran, dengan jumlah peserta 108 siswa siswi yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6. Kali ini edisi ke-66 serta menjadi sekolah ke-74 di Kabupaten Pangandaran.
Kegiatan diawali dengan Pengenalan mentor serta ice breaking di halaman sekolah untuk membuat para siswa bisa mengenal pemateri dan agar lebih semangat serta berkonsentrasi. Kemudian kegiatan dilanjutkan di ruangan kelas untuk penyampaian materi tentang jenis-jenis bencana yang ada di Kabupaten Pangandaran, ciri-ciri bencana, cara menanggulangi bencana dan juga tentunya cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.

Memberikan edukasi melalui film animasi kebencanaan, seperti Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Longsor, Angin Puting Beliung serta bencana yang lainnya dan penyampaian materi yang santai serta ceria membuat siswa dapat memahami materi dengan baik. Siswa pun sangat antusias dan komunikatif pada saat penyampaian materi sehingga membuat anak-anak penuh dengan senyum keceriaan, serta tidak lupa kegiatan ini ditutup dengan Trauma Healing atau game – game yang menyenangkan untuk siswa siswi yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran siswa setelah mengikuti materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh mentor diruangan.

Sementara menurut Kepala Sekolah SDN 4 Babakan mengatakan ” Sangat berterimakasih sekali kepada BPBD karena sudah mau datang kesekolah kami, terutama telah memberikan ilmu pengetahuan tentang bencana, semoga bermanfaat bagi kami disini khususnya untuk siswa siswi serta dilingkungan mereka apa yang sudah dipelajari bersama BPBD” ucapnya.Sampai saat ini ada 74 sekolah yang sudah kami datangi dan edukasi, dengan jumlah siswa yang sudah teredukasi sebanyak 4.614 siswa.
Kami berharap semoga kedepannya bisa terus melaksanakan kegiatan WEG GTS ini agar lebih banyak lagi siswa yang teredukasi dan paham tentang cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana di sekitarnya sehingga meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Read More
25 Sep
By: Awaludin 0

SDN 3 Cintakarya Lakukan Simulasi Gempa Bumi

Parigi – (25/09) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran kembali melaksanakan kegiatan Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB GTS) atau yang sering disebut “Rabu Mengajar”, kali ini kegiatan dilaksanakan di SDN 3 Cintakarya dengan jumlah peserta sebanyak 47 siswa/siswi.

Seperti biasa kegiatan diawali dengan Ice Breaking di halaman sekolah untuk membuat para siswa bisa mengenal pemateri dan agar lebih semangat serta berkonsentrasi. Kemudian kegiatan dilanjutkan di ruangan kelas untuk penyampian materi tentang kebencanaan yang sering terjadi dan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Memberikan edukasi melalui film animasi kebencanaan, seperti Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Longsor, Angin Puting Beliung serta bencana yang lainnya dan penyampaian materi yang santai serta ceria membuat siswa dapat memahami materi dengan baik. Siswa pun sangat antusias dan komunikatif pada saat penyampaian materi membuat anak-anak penuh dengan senyum keceriaan. Tidak lupa juga kegiatan WEB GTS ini melakukan simulasi gempa bumi.

Kegiatan ini ditutup dengan Trauma Healing atau game-game yang menyenangkan untuk siswa siswi yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran siswa setelah mengikuti materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh mentor diruangan.

“Untuk pelaksanaan yang diadakan oleh BPBD Kabupaten Pangandaran kami haturkan terima kasih serta kami sangat merasa senang, mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat khususnya bagi anak-anak”, Ungkap kepala SDN 3 Cintakarya Awang, S.Pd.

Sampai saat ini ada 74 sekolah yang sudah kami datangi dan edukasi, dengan jumlah siswa yang sudah teredukasi sebanyak 4.553 siswa.

Kedepannya semoga kami bisa terus melaksanakan kegiatan ini sehingga para siswa/siswi SD khususnya bisa lebih paham dan mengerti tentang kebencanaan, bagaimana cara menyelamatkan diri yang benar pada saat terjadi bencana.
Tak lupa kami juga ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan WEB GTS (Rabu Mengajar) ini.

Read More
20 Sep
By: Diki Permana 0

Kunjungan BPBD Kabupaten Tegal Ke BPBD Kabupaten Pangandaran

BPBD Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke BPBD Kabupaten Pangandaran dalam rangka silturahmi dan studi banding, khususnya dalam Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Tegal, perlu menggali berbagai masukan dan informasi tentang kegiatan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dalam penanggulangan kebencanaaan agar bisa mengimplementasikan di Kabupaten Tegal.

Sesi Shering Tentang Program Inovasi yng ada di BPBD Kab. pangandaran

Point itulah yang menjadi pembahasan dalam kunjungan kerja kali ini dan rombongan diterima langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Dr. Drs. H. Nana Ruhena , M.M didampingi oleh Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Rehabilitasi Rekonstruksi Ujang Herliana Lilihar, S. Pd, M.M.

Kepala pelaksana memberikan pembahasan tentang Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang ada di Kabupaten Pangandaran, misalnya tentang pendirian Huntara, Logistik, Bantuan Sosial dan lain-lain.

Sementara itu terkait ketersediaan SDM dan anggaran yang ada di BPBD Kabupaten Pangandaran, BPBD Kabupaten Tegal merasa terkejut dikarenakan minimnya jumlah SDM serta minimnya anggaran yang ada di BPBD Kabupaten Pangandaran. “Walaupun minim anggaran dan SDM yang ada, kami terpacu untuk lebih semangat dalam penanggulangan bencana dengan cara minta bantuan ke dunia usaha,” jelas Nana Ruhena. “Dunia usaha yang membantu diantaranya Pertamina, Bank Indonesia, Sucofindo dan masih banyak lagi,” kata Nana menambahkan.

Sesi Shering Tentang Program Inovasi yng ada di BPBD Kab. pangandaran

Mudah-mudahan dengan kunjungan kerja dari BPBD Kabupaten Tegal ini, bisa mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik ini.

Read More
18 Sep
By: Awaludin 0

Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB GTS) SDN 1 Kersaratu dan SDN 3 Kersaratu

Sidamulih – Program Wisata Edukasi Bencana Goes To School atau lebih dikenal WEB GTS kali ini dilaksanakan di SDN 1 Kersaratu dan SDN 3 Kersaratu Kecamatan Sidamulih, dengan jumlah peserta 49 dan 50 siswa siswi yang terdiri dari kelas 3, 4, 5, dan 6. Kali ini edisi ke-65 serta menjadi sekolah ke-72 dan 73 di Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan diawali dengan Pengenalan mentor serta ice breaking di halaman sekolah untuk membuat para siswa bisa mengenal pemateri dan agar lebih semangat serta berkonsentrasi. Kemudian kegiatan dilanjutkan di ruangan kelas untuk penyampaian materi tentang jenis-jenis bencana yang ada di Kabupaten Pangandaran, ciri-ciri bencana, cara menanggulangi bencana dan juga tentunya cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.

Memberikan edukasi melalui film animasi kebencanaan, seperti Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Longsor, Angin Puting Beliung serta bencana yang lainnya dan penyampaian materi yang santai serta ceria membuat siswa dapat memahami materi dengan baik. Siswa pun sangat antusias dan komunikatif pada saat penyampaian materi sehingga membuat anak-anak penuh dengan senyum keceriaan.

Serta tidak lupa kegiatan ini ditutup dengan Trauma Healing atau game-game yang menyenangkan untuk siswa siswi yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran siswa setelah mengikuti materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh mentor diruangan.

Sementara menurut salah satu guru di SDN 1 Kersaratu mengatakan “Sangat berterimakasih sekali kepada BPBD karena sudah datang kesekolah kami, terutama telah memberikan kepada siswa siswi kami ini pengetahuan tentang bencana, semoga bermanfaat bagi kami disini serta dilingkungan mereka apa yang sudah dipelajari bersama BPBD,” ucapnya.

Selanjutnya menurut Kepala Sekolah SDN 3 Kersaratu “Saya sangat berterimakasih kepada pihak BPBD yang telah datang ke sekolah kami serta memberika ilmu pengetahuan tentang bencana serta cara menyelamatkan diri,”ucapnya.

Sampai saat ini ada 73 sekolah yang sudah kami datangi dan edukasi, dengan jumlah siswa yang sudah teredukasi sebanyak 4.506 siswa. Kami berharap semoga kedepannya kami bisa terus melaksanakan kegiatan WEB GTS ini agar lebih banyak lagi siswa yang teredukasi dan paham tentang cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana di sekitarnya.

Read More