PELATIHAN DAN PEMBINAAN FKDM DESA BANJARHARJA

Pelatihan dan Pembinaan FKDM Desa Banjarharja

Kalipucang – Kesiapsiagaan dini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran diri masyarakat tentang kesiapan menanggulangi bencana di lingkungan sekitar.

Desa Banjarharja Kecamatan Kalipucang,siang tadi mengadakan kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Banjarharja dengan tema “Kesiapsiagaan Bencana Alam Banjir & Longsor”, yang bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan anggota FKDM yang berada di Desa Banjarharja.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Babinsa dan Babinkantibnas Desa Banjarharja dan Pusdalops PB Kab.Pangandaran sebagai narasumber. Pesertanya merupakan anggota FKDM sebanyak 37 orang.

FKDM Desa Banjarharja
FKDM Desa Banjarharja

Peserta diberikan materi tentang tata cara pelaporan bencana oleh Manager Pusdalops PB Nana Sukarna dengan metode penyampaian materi yang berbeda dengan yang lain. Disela-sela pemberian materi selalu ada game yang seru tentang dinamika kelompok agar para peserta bisa berinteraksi satu sama lain.

Anggota FKDM mengikuti kegiatan dengan canda dan tawa, meskipun mereka sesekali harus serius dalam menerima materi. Pada saat Simulasi Pelaporan Bencana ada yang sedikit nyeleneh yaitu saat salah satu kelompok ada yang mengirim ‘collect sms’ atau pulsanya habis. Dengan adanya kejadian lucu tersebut  semua peserta menjadi tertawa karena kelucuan kelompok yang collect sms evaluasinya ditayangkan langsung di projector.

“Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan sangat bergembira dalam menerima materi karena sebelumnya belum pernah diberi pelatihan seperti ini ” ujar Nana yang pada kesempatan itu menjadi narasumber.

FKDM Desa Banjarharja
FKDM Desa Banjarharja

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.20 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB dikarenakan pemberian materi oleh Pusdalops PB terjeda.

Laporan Terbaru