PEMBINAAN DAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM DESA CIKALONG

PEMBINAAN DAN PELATIHAN

Sidamulih – 15 Februari 2018

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran melalui Pusdalops PB menghadiri undangan dari Desa Cikalong dalam kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Alam di Aula Kantor Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih.
Ertin Respati selaku Operator Pusdalops-PB Pangandaran ditugaskan dalam kegiatan ini mewakili Manager Pusdalops PB memaparkan beberapa materi kebencanaan kepada peserta yang berjumlah 30 orang terdiri dari Perangkat Desa dan Linmas Desa Cikalong.

PEMBERIAN MATERI TENTANG NAVIGASI DARAT
PEMBERIAN MATERI TENTANG NAVIGASI DARAT

Dibantu oleh 2 Operator Pusdalops PB dan 1 Relawan dari FKDM Desa Batukaras, tim memberikan ilmu-ilmu kebencanaan diantaranya Tupoksi Pusdalops-PB Pangandaran, Cara Pelaporan Hasil Assesment, Kriteria Kerusakan, Cara Penggunaan GPS (Global Positioning System), Cara Berkomunikasi Menggunakan Handy Talky dan terakhir dilakukannya navigasi darat oleh peserta yang dibagi menjadi 4 kelompok.

 

PENGENALAN PENGGUNAAN GPS
PENGENALAN PENGGUNAAN GPS

Ada hal lucu yang terjadi pada saat navigasi darat, 1 kelompok yakni kelompok 4 yang berangkat paling terakhir rupanya “tersasar” di kampung sendiri ketika 3 kelompok lainnya sudah kembali ke Aula Desa setelah navigasi darat.

Laporan Terbaru