Refleksi 1 Tahun Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran

Pusdalops PB Pangandaran

Parigi, (PADI)

Rabu, 3 Januari 2018 merupakan hari istimewa dan bersejarah bagi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kabupaten Pangandaran, sebagai Satuan Organisasi/Lembaga berada dibawah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bidang Kebencanaan yang telah berdiri sejak 3 Januari 2017. Selama 1 Tahun Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran terus bergerak menyampaikan informasi dan data kebencanaan mulai dari Pra Bencana, Saat Bencana dan Pasca Bencana.
Pusdalops PB kabupaten Pangandaran juga terus konsisten dalam menyampaikan informasi kebencanaan salah satunya melalui kesiapsiagaan dini dengan menggunakan metode penyampaian informasi yang berbeda, diantaranya:
1. Aksi mitigasi bencana dengan cara mendidik dan melatih siswa Sekolah Dasar dengan Program Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB GTS) yang melahirkan Siswa Tangguh Menghadapi Bencana selama 11 bulan sebanyak 1.682 Siswa dari 31 Sekolah Dasar, dilaksanakan rutin ke sekolah-sekolah pada setiap hari Rabu (Rabu Mengajar).
2. Aksi mitigasi bencana dengan cara mendidik dan melatih siswa SLTP/SLTA dengan Program Silaturahmi Empati Berbagi Edukasi Bencana (SI EMBEB) yang melahirkan Siswa Tangguh Menghadapi Bencana sebanyak 250 Siswa.
3. Aksi mitigasi bencana dengan cara mendidik dan melatih Anggota/Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan Program Bunda Belajar Mitigasi (BBM) yang melahirkan agen-agen pendidik keluarga, baru dilaksanakan 2 kali di Desa Bagolo dan TP PKK Kabupaten Pangandaran,rencana Road Show ke Kecamatan akan dilaksanakan Tahun 2018.
Membangun gerakan, memegang teguh nilai, ideologi rela serta ikhlas dan berpegang teguh untuk kemanusian akan terus kami lakukan.
Momentum 1 Tahun Pusdalops PB berdiri sebagai ruang refleksi Solidaritas Kemanusiaan di bidang kebencanaan bersama Relawan-Relawan Penanggulangan Bencana yang Tangguh dan masyarakat Pangandaran yang hebat bergerak terus mulai dari Pra Bencana, Saat bencana dan Pasca Bencana.
Peringatan 1 tahun Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran diisi dengan melakukan introsfeksi dan evaluasi terhadap tugas pokok dan fungsi kami selaku pelayan masyarakat.
Selama 1 tahun berdiri sudah mestinya kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran dan semua Stakeholder bahwa kami belum maksimal dan optimal melaksanakan tugas pokok dan fungsi, kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan melaksanakan tugas masih banyak yang harus kami perbaiki.
Pujian merupakan ujian bagi kami, kritikan merupakan titik tolak kami untuk memperbaiki diri. Semua kami lakukan demi kemanusiaan, kami bukan yang terbaik tetapi kami ingin berbuat baik.
Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan, Salam Kolaborasi dan salam Pangandaran Hebat.

Laporan Terbaru