Sosialisasi dan Gladi Lapangan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Desa Limusgede

Kegiatan sosialisasi kepada peserta

Pangandaran (18/5) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Sosialisasi dan Gladi Lapangan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Desa Limusgede Kecamatan Cimerak.
Dihadiri langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bpk. Kustiman.S.Sos, MM, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 70 orang peserta, yang merupakan perangkat desa, Linmas, serta masyarakat sekitar.
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap bencana serta cara menanggulanginya jika bencana terjadi.

Kalak BPBD menghadiri kegiatan sosialisasi di Limusgede
Kalak BPBD menghadiri kegiatan sosialisasi di Limusgede

Pangandaran sebagai salah satu wilayah dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana gempa bumi dan tsunami karena terletak pada pertemuan dua lempeng/kerak bumi aktif Indo-Australia dengan Eurasia.
Edukasi dan sosialisasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal tentang mitigasi bencana agar tujuan dalam membangun masyarakat yag tangguh bencana dapat tercapai.

Dalam rangka mengurangi dampak bencana deawasa ini perlu adanya perubahan paradigma dari paradigma tanggap darurat menjadi siaga bencana, hal ini berarti bahwa bencana tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus diterima begitu saja tetapi kejadian bencana juga bisa diantisipasi dan diminimalisasi dampaknya.

#salamtangguh

Laporan Terbaru